Rabu, 18 Oktober 2017

Sekilas Fitur pada Microsoft Word : Mail Merge


Tidak dapat dipungkiri, Microsoft Word dari Microsoft merupakan software pengolah kata yang paling banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia. Kelebihan dari Microsoft Word adalah fitur-fitur yang tersedia sehingga memudahkan kita untuk melakukan pekerjaan yang berkaitan dengan pengolahan angka. Berikut beberapa fitur yang ada di Microsoft Word.
Mail Merge (Surat Masal)
Ada kalanya kita diminta atau diharuskan untuk membuat dokumen seperti surat kepada penerima yang lebih dari satu atau sangat banyak. Jika terjadi kasus seperti itu, maka kita harus membuat format pengiriman dengan penerima yang berbeda namun dengan isi yang sama. Fitur mail merge mempermudah kita untuk menuliskan penerima yang berbeda dengan isi yang tetap sama. Contoh penggunaan fitur ini biasanya terdapat pada kolom nama penerima di surat undangan.
Untuk menggunakan fitur ini, langkah yang dapat digunakan yaitu :
1. Ketik format tulisan yang anda inginkan terlebih dahulu
2. Klik tab “Mailings”
3. Pada tab Mailings, terdapat menu “Start Mail Merge”, lalu pilih “Step by Step Mail Merge Wizard” untuk membuat mail merge dari awal
4. Akan muncul sidebar mail merge di sebelah kanan. Pilih format untuk jenis mail merge yang akan dipakai, lalu klik next di bagian bawah untuk selanjutnya bila telah selesai memilih
5. Pilih dokumen mana yang akan diberi mail merge
6. Di sidebar sebelah kanan akan muncul “Create” , klik “Create” untuk membuat mail merge baru
7. Akan muncul menu untuk membuat format baru dari mail merge. Klik “Customize Columns” untuk menyesuaikan pengisian dengan yang kita inginkan
8. Atur kolom sesuai dengan format yang telah kita ketik di awal
9. Setelah melakukan pengaturan, isi kolom yang tersedia dengan data yang kita inginkan. Dalam hal ini yaitu nama serta data dari penerima
10. Simpan data tabel, lalu klik next di pojok bawah kanan
11. Di sidebar yang muncul, pilih “More Items” untuk melakukan input terhadap format yang dituliskan di awal
12. Insert data sesuai dengan posisi format
13. Setelah anda menginput data, di format yang anda ketik diawal akan muncul data-data dari yang anda ketikkan di tabel sebelumnya. Anda bisa mengecek data lainnya di “Preview Your Letters”
14. Lakukan penyelesaian pada pembuatan mail merge anda

Tidak ada komentar:

Posting Komentar